Memperindah Bacaan Al-Quran

Memperindah Bacaan Al-Quran

Mengenal 8 Irama dalam Membaca al-Quran

, , ,

Hukum membaca Al-Qur’an dengar irama sangatlah diperbolehkan. Bahkan Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca AL-Quran maka ia bukan berasal dari golonganku. Nah, sebelumnya kita juga harus memahami dahulu irama yang bagaimanakah yang dimaksud? Dalam membaca Al-Qur’an hendaknya menggunakan irama-irama Al-Qur’an itu sendiri, bukan irama musik. Irama dalam Membaca Al-Qur’an yang lazim dipakai ada dua yaitu murottal dan qiro’at.

Murottal merupakan irama yang biasa digunakan mengaji sehari-hari. Tempo membaca Al-Qur’an dengan irama murottal dapat lambat, sedang, maupun cepat. Irama murottal mengikuti tabiat asli orang yang membacanya. Irama ini tidak memberat-beratkan diri pembacanya atau diperoleh melalui latihan atau belajar secara khusus. Memperindah bacaan Al-Quran dengan irama murottal sangatlah diperbolehkan.

Jenis irama yang lainnya adalah qiro’at. Qiro’at merupakan irama melagukan Al-Qur’an yang bertujuan untuk memperindah bacaan Al-Qur’an. Nada qiro’at yang lazim digunakan antara lain Bayati, Soba, Hijaz, Nakhwan, dan Raas. Memperindah bacaan Al-Qur’an dengan qiro’at  hendaknya atas bimbingan ustadz atau ustadzah yang berkompetensi baik dalam bidang ini.

Dengan nada dan irama, bacaan kita semakin terkesan dan membekas dalam hati. – Ahsan

No Comments

Post a Comment

Related Projects

Perbaiki Bacaan al-Quran
30
Perbaiki Bacaan al-Quran

Talaqqi Bacaan Tahiyyat dalam Shalat

Pesantren Weekend
40
Pesantren Weekend

Mondok 3 Hari 2 Malam